Zola Zolu Gallery
Media
Zola Zolu Gallery
Zola Zolu Gallery - What's at Zola Zolu
Harper's Bazaar Indonesia, Bazaar Art, Oktober 2009

Permainan figur realis dan abstrak meramaikan pameran lukisan Zola Zolu Gallery

Galeri yang telah berdiri selama kurang lebih 11 tahun ini tak hentinya memberikan yang terbaik bagi dunia seni Indonesia. Pada pameran Bazaar Art Jakarta 2009 lalu, Zola Zolu Gallery hadir menjagokan dua seniman, yaitu Richard Winkler dan Arifien Neif.

Penikmat seni yang mengenal gaya lukisan Winkler akan menyadari bahwa ia menggunakan karya abstraksinya untuk menciptakan gambar semi-abstrak tubuh manusia dalam pose yang berbeda-beda. Dalam waktu yang sama, Winkler mengombinasikan tanaman abstrak dengan tubuh manusia tadi untuk membuat subyek yang lebih kompleks, seperti buah-buahan, lahan, dan makhluk hidup lain yang mendiami pulau dewata yang sangat dikaguminya.

Sebagai seorang perfeksionis, Winkler seringkali menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk memperbaiki teknik dan warna lukisannya. Walaupun ia sering menggunakan pola abstrak berulang-ulang kali, figur yang ditampilkan diatur dengan penuh teknik dan tiap kali menghasilkan gambar yang berbeda.

Pada dua lukisannya "Woman with Pink Background" dan "Woman with Red Background", Winkler menciptakan lukisan yang saling mendukung satu sama lainnya. Pada lukisan dengan warna dasar pink, figur tubuh wanita diposisikan di bagian kiri dengan tangan kanannya seperti memeluk angin. Sedangkan pada lukisan dengan warna dasar merah, posisi tubuh wanita di sebelah kanan dengan tangan kiri memeluk dirinya sendiri. Jika disandingkan berdampingan, kedua lukisan kontras ini menampilkan perencanaan yang menyeluruh dan detail dari sang seniman.

Lain lagi dengan Arifien Neif yang tak pernah berhenti menceritakan kehidupan sehari-hari lewat lukisannya. Berkembang dari gaya lukis sebelumnya, kini Arifien lebih banyak menggunakan detail dengan garis-garis tipis dalam menciptakan figur pada lukisannya. Warna-warna gelap juga sudah digantikan dengan ragam warna pastel dan warna-warna sekunder yang terang. Ukuran kanvas juga kini menjadi lebih besar, sehingga memungkinkan lebih kayanya permainan warna, figur, dan objek lukisan lainnya.

Karya terbarunya, "Make This Moment Sweet Again" menampilkan figur seorang penari perut yang dikelilingi dengan musisi dan pengagumnya. Meskipun begitu, sosok penari tampak tidak menampilkan pose tarian yang berlebihan dan provokatif. Untuk latarnya, ditampilkan suasana jalan raya yang menjadi ciri khas Arifien.

Karyanya yang lain, "Oh My Gosh" menunjukkan figur seorang wanita yang berbaring di atas tempat tidur dan pasangannya sedang berdiri memperhatikannya. Posisi ini dan dominasi warna biru monokromatik pada interior ruangan memberikan kesan dingin, yang mungkin sama dengan keadaan "pemeran utama" lukisan ini. Pada latar belakang terlihat hamparan hijau dan air biru, mempertontonkan harmoni dan kenyamanan. Ambiguitas yang diaplikasikan mampu mempermainkan emosi dan sekaligus mengundang imajinasi mereka yang memperhatikan lukisan ini.


Please click the picture to view the actual article

What's At Zola Zolu