Zola Zolu Gallery
Media
Zola Zolu Gallery
Tertarik Tema Penyimpangan Perilaku
VISUAL ARTS , Desember 2008
Laki - laki berkacamata itu naik ke studionya. Disana ada satu lukisan yang sedang di kerjakan. Ketika ditanya perihal lukisan lainnya, ia mengaku tidak ada. Ternyata Neif tidak punya koleksi lukisannya sendiri. Dia tidak punya koleksi pribadi. Ia punya satu lukisan miliknya karena membeli dari seorang kolektor. Itu pun lukisan yang dulu ia berikan cuma - cuma. "Pada waktu itu saya beli lagi dengan harga cukup mahal," katanya.

Neif, nickname yang digunakan di semua karyanya, adalah anak sulung dari 11 bersaudara. Ia lahir di Surabaya pada 31 Maret 1955. Ayahnya bernama Supaka dan Ibunya bernama Rukaya. Sejak 1980-an, Arifien Neif, yang belajar melukis otodidak, mengabdikan diri sebagai pelukis, setelah sebelumnya berprofesi sebagai asisten di kantor desain interior, desainer grafis di perusahaan periklanan, juga mengerjakan film - film animasi.

Perihal perkembangan tema lukisan - lukisannya, Neif menjawab, "Sejak dulu, saya tertarik dengan tema - tema psikiatri, penyimpangan - penyimpangan perilaku." Ia pun menambahkan, "Saya pernah mengadakan observasi di Rumah Sakit Sumber Waras, menemukan sebab perilaku mereka." Bermula dari ketertarikannya pada perilaku menyimpang, Neif merambah ke pengamatan terhadap rasa - rasa yang meyertai perilaku seseorang, misalnya perasaan berdosa, bersalah, senang, dan depresi. Refleksi perasaan - perasaan itu dapat dilihat, antara lain, dalam karyanya, Dikejar (1979) dan Harmoniku (1979). Salah satu perilaku yang dianggap menyimpang oleh Neif adalah homoseksual. "Dalam islam, homoseksual itu dosa," ia menegaskan.

Selain tema-tema yang berkaitan dengan dunia psikiatri, pada periode kedua kekaryaannya, tema spiritualitas mendapat tempat penting. Kemudian tema yang sampai sekarang digarapnya adalah "cinta". Beberapa karyanya yang terkait dengan tema ini dipameran di Singapura, beberapa bulan lalu. Pameran tunggalnya bertajuk "Fine Romance" ia gelar bekerja sama dengan Zola Zolu Gallery dan telah berlangsung lima tahun terakhir ini.


Please click the picture to view the actual article

Tertarik Tema Penyimpangan Perilaku