Zola Zolu Gallery
Media
Zola Zolu Gallery
Kekuatan Wanita dalam Goresan Pensil
Amica, January 2011
Lukisan dengan garis-garis loreng harimau mungkin sudah biasa bagi kebanyakan penikmat seni rupa. Namun di tangan Chairul S. Sabarudin atau akrab disapa Iroel, lukisan sarat loreng harimau dan hitam-putih khas zebra menjadi sangat berbeda dan penuh makna. Seniman asal kota Malang, Jawa Timur ini, mempersembahkan karyanya yang bertema Beauty on Stripes di Zola Zolu Gallery, Bandung, 7 November lalu.

Diresmikan oleh mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri, DR. Rizal Ramli, dalam pameran tunggalnya kali ini, Iroel mengambil objek wanita, alam, dan imaji hewani, untuk mewakili apresiasinya terhadap kecantikan yang juga diartikan sebagai 'senjata' wanita. Tidak kurang dari 18 buah lukisan diciptakan Iroel menggunakan media pensil warna, yang sengaja ia pesan khusus dari Jerman.

Detail kombinasi antara keindahan dan kekuatan wanita diterjemahkan dalam visualisasi harimau, kucing, dan zebra, di tengah eksotisme alam. Terlihat sangat nyata dengan detail yang cermat, karena masing-masing lukisan memakan waktu selama satu bulan dalam pengerjaannya.

Setiap figur wanita yang diwujudkan Iroel dalam beberapa karyanya juga membawa berbagai ekspresi, seperti memikat, tenang, dan relaks. Dikatakan oleh kurator pada pameran Iroel kali ini, yaitu Akhmad Santoso, realisme simbolis mengajak para penikmat seni untuk menengok kembali ide tentang keterpikatan. Karya seni yang berfokus pada sebuah titik pusat yang terdiri dari objek-objek yang memikat mata, kemudian dirangkai dalam posisi-posisi yang saling berhadapan secara horizontal. (Wiwin Wirwidya)



Please click the picture to view the actual article

Kekuatan Wanita dalam Goresan Pensil